November 21, 2017

Tentang AIHII

Penandatanganan Pendirian AIHII

Didirikan di Jakarta pada 4 Desember 2009, Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) atau Indonesian Association for International Relations merupakan asosiasi yang memberikan wadah bagi pembangunan keilmuan hubungan internasional di Indonesia. Disamping menjadi wadah bagi para penyelenggara pendidikan tinggi di bidang ilmu hubungan internasional, AIHII juga memberikan kesempatan untuk berkarya bagi mereka yang telah banyak berjasa dalam pengembangan keilmuan.

Berdasarkan mandat Konvensi Nasional, AIHII dibagi menjadi tiga struktur utama: (1) Pimpinan Asosiasi yang dipimpin oleh seorang ketua; (2) Sekretariat yang dipimpin oleh Kepala Sekretariat dan Bendahara; serta didampingi oleh (3) pengawas yang berfungsi melakukan pengawasan yang bersifat konsultatif kepada pimpinan dan sekretariat.

AIHII dibentuk untuk melaksanakan empat tujuan utama. Pertama, AIHII berkontribusi untuk meningkatkan dan memperluas kerjasama antar-lembaga penyelenggara pendidikan tinggi ilmu hubungan internasional; Kedua, asosiasi juga bekerja untuk mengembangkan ilmu hubungan internasional di Indonesia serta membangun studi hubungan internasional yang berorientasi pada corak ke-Indonesia-an; disamping juga bertujuan membangun jejaring komunikasi antara lembaga penyelenggara pendidikan tinggi ilmu hubungan internasional dengan pemerintah, para pengguna dan masyarakat luas serta lembaga-lembaga internasional yang terkait dengan bidang keilmuan yang menjadi tujuan ketiga dari AIHII. Keempat, AIHII berkomitmen untuk memberikan sumbangsih dalam menjaga perdamaian, kesejahteraan dan keadilan dunia.

Berikut pengurus Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia, Periode 2014 – 2017.

Ketua             : Tirta N. Mursitama, PhD (HI, Universitas Bina Nusantara)
Sekretaris     : Yusran, M.Si (HI, Universitas Budi Luhur)
Bendahara    : Novita Rakhmawati, M.A (HI, Universitas Moestopo)
Catatan:
Pada Vennas AIHII V dilakukan penetapan Ketua AIHII secara definif menggantikan Sdr Yopi Fetrian, M.A (Ketua AIHII 2013-2015) yang wafat pada awal 2014. Sejak itu, AIHII dipimpin oleh Sdr Tirta N. Mursitama, Ph.D (Bendahara) sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua sampai Vennas AIHII V diselenggarakan.